Cotton Combed, Perbedaan, Kelebihan, Arti 40s, 30s, 24s, 20s

Cotton Combed, Perbedaan, Kelebihan, Arti 40s, 30s, 24s, 20s - Cotton Combed atau Katun Combed merupakan jenis dari bahan kain katun dan termasuk salah satu jenis kain yang banyak beredar dipasaran. Dan tidak sedikit bahan kain cotton combed ini menjadi favorit sebagian konsumen yang bergerak dibidang industri konveksi kaos. Ini disebabkan karena lebih mudah didapat dan juga termasuk bahan kain yang halus dan lembut. Sifatnya yang ramah lingkungan menjadikan katun combed menjadi juara di sebagian kalangan para industri kaos.

Lihat juga : 3 Pilihan Warna Baju Kaos Vespa Zaman Now Yang Unik & Keren

Cotton Combed, Perbedaan, Kelebihan, Arti 40s, 30s, 24s, 20s


Selain Kaos Impor GILDAN yang rata-rata bahannya 90-100% Cotton, Bahan dari kain katun yaitu katun combed juga belum ada bahan kain lain yang bisa menandingi penjualannya dibidang pakaian termasuk kelas menengah keatas.

Proses pembuatan cotton combed juga melalui tahapan proses yang sangat panjang dan membutuhkan waktu lama. Serat pada kain katun combed diolah sedemikian rupa sebelum diputar atau dimasukkan di dalam mesin pemintal. Dan salah satu yang termasuk proses pengolahan katun combed yang terkenal ialah CARDING ( Penyisihan Dari Benang Yang Kasar ). Dan sesudah itu bahan kain juga diseleksi lagi dan masuk ketahapan proses yang dinamakan COMBING, Yakni proses penyeleksian bulu-bulu halus yang tersisa. Inilah mengapa dinamakan COMBED, Sebab bahan katun sudah melewati tahapan proses Combing.

Kaos yang memiliki bahan dasar dari cotton combed atau katun combed begitu cocok di gunakan pada daerah yang mempunyai iklim tropis seperti dinegara kita ini karena sifatnya yang dapat menyerap keringat dan ini sama dengan sifat dari Kaos Impor Gildan.

Pada umumnya bahan katun combed bisa dibilang lebih mahal dari kain katun lainnya sebab sifatnya yang kuat juga halus. Selain bahan katun combed ini dipakai sebagai bahan dasar untuk pembuatan baju kaos, juga dipakai dalam membuat Piyama, Kaos Kaki, dan bahan pakaian lainnya ( Yang bersentuhan dengan kulit kita ). Jadi sampai disini sudah paham kan apa itu Katun Combed ? Selanjutnya kita mengenal perbedaan dari masing-masing ukuran ketebalan dari katun combed ini.
Lihat juga : Kaos Desain Inspirasi

Apa Arti Dari Simbol 40s, 30s, 24s, 20s, Huruf Dan Angka Pada Kaos Cotton Combed & Kaos Lainnya?


Bahan dasar kaos dari Katun Combed diproduksi dengan rajutan dan ketebalan yang berbeda-berbeda, Ketebalan Katun Combed sengaja diproduksi karena banyaknya permintaan pasar yang seleranya berbeda-beda, ada yang menginginkan tipis, tebal, dan agak tebal.

Dan untuk membedakan ketebalan dari Katun Combed ini, Maka diberikan angka dan huruf sebagai SIMBOL untuk mewakili ketebalan dari masing-masing kain.

Sekarang ini bahan kain dari katun combed yang ada dipasaran ukurannya ada 4 macam yaitu :

  1. Ukuran 20
  2. Ukuran 24
  3. Ukuran 30
  4. Ukuran 40

Simbol angka ukuran ketebalan tersebut menunjukkan jenis kerapatan benang yang dipakai dalam tahap proses pembuatan dan perajutan hingga menjadi bahan kain yang siap digunakan. Dan semakin besar angkanya, semakin TIPIS pula bahan dari rajutan kain katun tersebut.

Contoh : Jika Anda menginginkan Kaos Cotton Combed yang bahannya TEBAL, maka pilih ukuran ketebalan 20 atau 24. Tapi kalau mau yang tipis pilih yang 30, dan ukuran paling tipis Cotton Combed adalah 40. Sudah paham kan ?.

Walaupun sudah ada ukuran standart, Tidak sedikit pula yang bergerak dibidang Clothing Line Ternama, sengaja memintal bahan kainnya dengan ukuran ketebalan yang tidak lazim seperti 34, 32 dan 28.

Bukan hanya itu, perbedaan rajutan dari bahan kaos dapat juga dilihat dari berdasarkan jumlah jarum yang dipakai. Pada umumnya jenis jarum yang digunakan pada proses rajutan yang sangat banyak digunakan dalam memproduksi Katun Combed ada 2 jenis yaitu :
Single Knitt ( Jarum Tunggal )
Double Knitt ( Jarum Ganda )

Dan istilah kedua jenis jarum yang dipakai para produsen pun diberi simbol atau disingkat menjadi HURUF :

  • S untuk jarum Single Knitt
  • D untuk jarum Double Knitt

Dan Huruf dari singkatan kedua jarum tersebut yaitu "S" dan "D" , diletakkan dibelakang angka pada ukuran ketebalan Kain Katun Combed untuk menunjukka jenis atau type jarum yang dipakai. Jadinya seperti contoh : Katun Combed 20s.

Jenis rajutan kain katun combed dari Jarum Double Knitt ( D ) mempunyai karakter cenderung lebih Tebal, lentur, dan rapat, Dan bahan dari rajutan kain katun combed ini pun bisa dipakai bolak-balik. Bahan yang kedua sisinya ini yang mempunyai permukaan sama, biasanya dipakai untuk membuat pakaian anak-anak dan bayi.

Sedangkan untuk jenis kain rajutan "S" tergolong mulur dan renggang. Dan bahan katun combed yang menggunakan jenis rajutan dari jarum tunggal seperti ini termasuk paling banyak beredar dipasaran dan juga termasuk sangat laris.

Walaupun standar ukuran bahan kain combed sudah ada, bisa saja ukuran bahan kain seperti 24s berbeda dari masing-masing produsen kain, dikarenakan setiap produsen juga biasanya menerapkan indikator yang juga berbeda-beda dari produsen lainnya.

Cotton Combed atau Katun Combed

Perbedaan Ukuran Bahan Kain Cotton Combed dengan simbol angka dan huruf 40s, 30s, 24s, 20s


Berikut perbedaan dari ke empat jenis dari Cotton combed yang menggunakan rajutan type single knitt atau jarum tunggal yang paling terkenal dipasaran mulai dari Bahan Katun Combed yang tipis hingga tebal yaitu :

Cotton Combed 40s


Bahan dengan jenis ukuran Combed 40s ini merupakan bahan kain cotton combed yang paling tipis. Dan produksi gramasinya antara 110 sampai 120 gram/m2. Gramasi sendiri diartikan sebagai salah satu ukuran berat pada kain dengan ukuran satuan gram atau m2. Bahan Cotton Combed 40s ini biasa digunakan dibeberapa clothing line daerah bandung dan jakarta.

Cotton Combed 30s


Untuk jenis Cotton combed 30s ini bisa dikatakan sebagai bahan kesukaan dari anak-anak muda khususnya di perkotaan, Bahan cotton combed 30s ini juga salah satu bahan andalan dari Distro dan Clothing Line disebabkan tipis dan tidak panas jika digunakan sebagai baju kaos untuk sehari-hari. Gramasinya sendiri berkisar 140 sampai 160 Gram/m2, dengan menggunakan jenis rajutan Jarum Tunggal. Dan untuk merk kaos seperti GILDAN, Ukuran 30s juga termasuk yang sangat banyak digunakan.

Cotton Combed 24s


Dan untuk bahan cotton combed 24s dengan type rajutan jarum tunggal, gramasinya sekitar 170 sampai 210 gram /m2. Bahan dari cotton combed 24s adalah bahan kain yang paling sering dan banyak dicari oleh produsen yang memikirkan kualitas untuk konsumennya, sebab ketebalan cotton combed 24s adalah standar sebagai kualitas. Karakternya sendiri tidak tipis juga tidak terlalu tebal, tapi sayangnya untuk bahan Cotton Combed 24s ini sangat jarang, dan hanya bisa ditemukan didaerah tertentu saja. Sehingga para vendor sablon kaos dan konveksi biasa menggunakan cotton combed 20s sebab banyak yang menyediakan.

Untuk bahan Cotton Combed 24s sendiri ( Selain Kaos Impor GILDAN 30s ) adalah bahan andalan dari Clothing Cressentia Digital seperti Baju Kaos yang di tawarkan di website ini Kaos Distro ID.

Cotton Combed 20s


Bahan kain Cotton Combed 20s ini gramasinya sendiri sekitar 180 sampai 220 gram/m2 dengan jenis rajutan jarum tunggal. Bahan kain seperti ini paling banyak ditawarkan oleh konveksi kaos untuk dijadikan sebagai bahan favorit karena mudah ditemukan dimana-mana.

Lihat juga : Warna Kaos Yang Cocok Untuk Warna Kulit

Jadi sampai disini sudah paham kan tentang perbedaan ukuran tebal tipisnya bahan kain atau kaos cotton combed. Untuk pilhan favorit kami serahkan kepada Anda masing-masing. Semoga artikel tentang Arti Dari Simbol 40s, 30s, 24s, 20s Pada Kaos Cotton Combed & Kaos Lainnya ini bermanfaat. Jangan lupa di share ya.

Pengelola : ABDUL WAHAB

Judul : Cotton Combed, Perbedaan, Kelebihan, Arti 40s, 30s, 24s, 20s
Ditulis oleh : Kejutan Internet pada hari
Rating Blog : 5 dari 5
Terima kasih Anda telah membaca artikel tentang Cotton Combed, Perbedaan, Kelebihan, Arti 40s, 30s, 24s, 20s
Silahkan disebar luaskan atau dicopy paste jika post ini bermanfaat buat Blog anda
Tapi jangan lupa harap mencantumkan link aktif do follow yg menuju ke link ini
http://kaosdistroimport.blogspot.com/2018/01/cotton-combed-perbedaan-kelebihan-arti.html

Terima kasih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »